KEPUASAN PASIEN BPJS DI RUANG NIFAS KELAS III RSU AISYIYAH KUDUS

Ika Tristanti

DOI: http://dx.doi.org/10.26751/ijb.v2i2.567

Abstract

Kebutuhan dasar manusia yang paling hakiki adalah kesehatan, karena dengan kesehatan manusia dapat hidup layak dan produktif. Pemerintah ikut bertanggungjawab dalam menjaga dan mengelola status kesehatan warganya. Cara menjamin status kesehatan warga dapat dilakukan melalui banyak cara, salah satunya dengan menyelenggarakan jaminan kesehatan untuk seluruh warga. Pandangan masyarakat terhadap pelayanan rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS masih banyak yang menganggap mutunya kurang baik, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan pasien BPJS di ruang nifas kelas III RSU Aisyiyah Kudus. Metode penelitian menggunakan diskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pasien di ruang nifas pengguna BPJS kelas III di Rumah Sakit Aisyiyah Kudus sejumlah 120 pasien dengan sampel sebanyak 54 responden yang didapat dengan tehnik random sampling. Penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan analisa univariat. Analisa univariat dilakukan pada variabel kepuasan pasien BPJS kelas III. Hasil penelitian Kepuasan pasien BPJS kelas III di RS Aisyiyah Kudus Tahun 2017 di dapatkan hasil 36 orang responden (66,7%) merasa puas. Untuk meningkatkan kepuasan pasien BPJS di ruang nifas kelas III RSU Aisyiyah Kudus perlu diadakan perbaikan dan  rehabilitasi rutin pada fasilitas perawatan. Pengadaan dan perawatan alat-alat yang digunakan untuk pelayanan juga harus selalu dilakukan. Pengembangan sumber daya manusia terkait kompetensi, hardskill dan soft skill tetap menjadi prioritas utama dalam menjaga kepuasan pasien. 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Bappenas. (2009). Peningkatan Akses Masyarakat Terhadap Kesehatan Yang Berkualitas. Jakarta: Bappenas.

Cahyadi, andi. (2007). Antara Kepuasan Pasien dan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit di Indonesia.

Depkes RI. (2006). Pengembangan Promosi Kesehatan Di Daerah melalui Dana Dekon 2006. Jakarta. Pusat Promosi Kesehatan. Depkes RI.

Depkes RI. Peraturan Badan Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan. Nomor 1 tahun2014.

Hafid, M.A. (2014). Tentang Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS di Ruang Perawatan RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak. Tahun2015

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia . (2014). Pedoman Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan . Jakarta: Salemba Medika.

Pohan, Imbalos, S. (2006). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan Dasar- dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: EGC.

Raheem,A. R, Nawaz, A, Fouzia, N., & Imamuddin, K. (2014). Patient's Statisfactoin and Quality Health Services : An Investigation From Privare Hospitals Of Karachi. Pakistan: Research Journal Of

Suryanto & Salamah, U. (2009). Riset Kebidanan Metodologi & Aplikasi. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Suryawati, C. (2009). Kepuasan Pasien Rumah Sakit (Tinjauan Teoritis dan Penerapannya pada Penelitian). Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan Vol.7 No.4.

Undang - Undang Republik Indonesia No.24 Tahun 2011, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Nasional. Republik Indonesia.

Widyasih, Eka dkk. (2014). Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan BPJS di RSI Kendal. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.