PENGARUH ATRIBUT PRODUK MINUMAN SUPLEMEN MEREK "X" PRODUKSI PT. "A" TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA

Rika Murharyanti, Tiyas Putri Nugraheni

Abstract

 

Abstract

Supplement drinks competition in Indonesia very competitive proven by number energy drink products circulating in community, such as supplement "X" brand of PT "A”, which is herbal medicine company. Product attributes are important component marketing. Purpose this study determine effect product attributes to  perception "X" brand supplements on student consumers.

Respondents used as many 100 people. Data was collected using questionnaire method which analyzed by Likert scale, with purposive sampling method, data analysis multiple regression counting and hypothesis testing with F test and t test using SPSS for Windows Release 15.0.

Results obtained in study showed partially four variables of brand, label, packaging, and quality significantly influence students perceptions on supplement brand "X" (p <0.05) and simultaneously have significant effect on student perception brand supplement "X ". This proved by value Fcount = 128.478, greater than value Ftabel = 2.45, determination coefficient value of 0.844, and brand variable is most dominant variable affecting students perceiving supplements brand" X ".

Keywords: Product attributes, perceptions, students, supplement drinks

 

 

Abstrak

Persaingan minuman suplemen di Indonesia sangat kompetitif terbukti dengan banyaknya produk minuman energi yang beredar di masyarakat, misalnya minuman suplemen merek ” X” produksi PT “A” yang merupakan perusahaan jamu. Atribut produk merupakan komponen penting dalam pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh atribut produk terhadap persepsi suplemen merek ” X” pada konsumen mahasiswa.

Responden yang digunakan sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner yang dianalisis dengan skala likert, dengan metode purposive sampling, analisis data dengan penghitungan regresi berganda dan pengujian hipotesis dengan uji F dan uji t yang menggunakan program SPSS For Windows Release 15.0.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan secara parsial keempat variabel merek, label, kemasan, dan kualitas berpengaruh signfikan terhadap persepsi mahasiswa pada suplemen merek ” X” (p<0,05) dan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap persepsi mahasiswa pada suplemen merek ” X”, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung = 128,478, lebih besar dari nilai Ftabel = 2,45, nilai koefisien determinasi sebesar 0,844, dan variabel merek adalah variabel yang paling dominan mempengaruhi mahasiswa dalam mempersepsikan suplemen merek ” X”.

Kata Kunci: Atribut produk, persepsi, mahasiswa, minuman suplemen


Full Text:

PDF

References


Anonim. (2008a). Kuku Bima Ener-G, http://id.wikipedia.org/wiki/Kuku_Bima_Ener-G. September 2015.

Anonim. (2008b). SidoMuncul, http://www.nutrendsidomuncul.com/?p=16. September 2015.

Anggraita, G. (2000). Perespsi Akuntan Publik terhadap Iklan Jasa Audit. Universitas Islam Indonesia.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Gitosudarmo, I. (1995). Manajemen Pemasaran, Edisi I. Yogyakarta: BPFE.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran, Jilid 2. Jakarta: Prehallindo.

Robbins, S. (2001). Organizational Behavior, 9 rd edition. New Jersey: Prentice Hall, International Inc.

Simamora, H. (2003). Manajemen Pemasaran Internasional, Jilid 2. Jakarta: Salemba

Empat.

Singarimbun, M., & Efendi, S. (1995). Metode Penelitian Survey. Jakarta: Salemba Empat.

Stanton, W. J. (1996). Dasar-dasar Pemasaran, Jilid I Edisi Ketujuh. Jakarta: Erlangga.

Sugiono. (2002). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.

Tjiptono, F. (1997). Strategi pemasaran Edisi II. Yogyakarta: Andi.


Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.