PENINGKATAN PERILAKU HIDUP BERSIH SEHAT SISWA TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PRAMBATAN LOR, KALIWUNGU, KUDUS

Ika Tristanti, Noor Hidayah

Abstract

Banyak penyakit yang terjadi disebabkan oleh buruknya perilaku hidup dari masyarakat sendiri. Termasuk di dalamnya adalah penyakit yang dialami oleh siswa taman kanak-kanak. Di TK Asisyiyah Bustanul Athfal Prambatan Lor, rata-rata setiap minggu ada siswa yang tidak masuk sekolah karena sakit, antara lain: diare, batuk pilek, tipus,dll. Hasil observasi diketahui bahwa: siswa belum bisa mencuci tangan secara benar, siswa tidak terbiasa melakukan cuci tangan, di kelas belum tersedia fasilitas cuci tangan, siswa terbiasa jajan sembarangan di depan sekolah, siswa tidak buang sampah di tempat sampah, banyak siswa susah makan dan lebih sering jajan makanan instan di warung. Metode pelaksanaan : promotif dengan cara memberikan penyuluhan perilaku hidup bersih sehat pada siswa TK melibatkan siswa dan orangtuanya, memfasilitasi tempat cuci tangan bersih di setiap kelas, membentuk gugus awas kebersihan di sekolah yang terdiri dari guru, siswa dan penjual makanan.Hasil pelaksanaan kegiatan antara lain: pengetahuan dan kesadaran siswa tentang perilaku hidup bersih sehat meningkat, siswa sudah mempraktikkan cuci tangan bersih sebelum dan sesudah makan, gugus awas kebersihan di sekolah sudah terbentuk dan berfungsi. Perilaku hidup bersih sehat siswa TK meliputi: cuci tangan, membuang sampah pada tempatnya, menggosok gigi, menghindari asap rokok, makan makanan bergizi, buang air besar dan kecil di kamar mandi, memotong kuku, menyikat sepatu, membersihkan pakaian. Kesimpulan: dengan pelaksanaan pengabdian masyarakat oleh dosen STIKES Muhammadiyah Kudus di TK ABA Prambatan Lor, maka terjadi perubahan perilaku bersih sehat siswa TK ABA yang semula tidak sehat menjadi perilaku yang sehat.

Full Text:

PDF

References


Anam Priyatno. 2014. 7 Langkah Cara Mencuci Tangan Yang Benar Menurut WHO.http://www.sditmadani.sch.id/2014/01/7-langkah-caramencuci-tangan-yang.html.

Arifiyanto. 2008. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). https://creasoft.wordpress.com/2008/07/29/perilaku-hidup-bersih-dansehat-phbs/.

Ashish Joshi and Chioma Amadi. 2013. Impact of Water, Sanitation, and Hygiene

Interventions on Improving Health Outcomes among School Children.Hindawi Publishing Corporation, (2013): 1-2.

Endry Wijayanti, AMK. 2014. Pentingnya Cuci Tangan. http://www.sitikhodijah.com/index.php/article/id/30/PENTINGNYA+CUCI+TANGAN.

Ferrel Rodge Raintama. 2013. Perbedaan Pemahaman Tujuh Langkah Mencuci Tangan Setelah Proses Pembelajaran Antara Metode Bermain Dengan Flashcard Dan Metode Bernyanyi Pada Anak Tk Laboratori Unai. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Advent Indonesia (2):5-6.

Fivi Melva Diana, Falrina Susanti, Asep Irfan. 2013. Pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Pubs) Di Sd Negeri 001 Tanjung Balai Karimun. (8): 50


Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF - 16 times