PKM PENINGKATAN PENGUASAAN PTK PADA GURU-GURU DI SEKOLAH DASAR DI DESA KUTUK UNDAAN KUDUS

Ahmad Nur Syafiq, Amalia Rahmawati

Abstract

Kegiatan penelitian menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru yang profesional, karena salah satu guru yang berhasil (efektif) adalah bersifat reflektif. Guru yang demikian selalu belajar dari pengalaman, sehingga dari hari ke hari kinerjanya menjadi semakin baik. Kenyataan di atas rupanya menjadi perhatian, sehingga akhirnya diciptakanlah formulasi penelitian yang sesuai untuk guru yakni Classroom Action Research atau yang lebih dikenal dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Para guru sekolah dasar di MI dan SD Negeri Kutuk Undaan Kudus belum mengetahui sepenuhnya tentang PTK yang sesuai dengan teori dan penerapannya. Sementara pelaksanaan PTK sangat mendukung terciptanya proses pengajaran dan pembelajaran yang efektif dan efisien. Kegiatan program kemitraan masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan workshop penguasaan PTK bagi guru-guru di sekolah dasar di Desa Kutuk Undaan Kudus dan menerapkan materi pelatihan dalam menyusun proposal dan laporan PTK. Hasil pelaksanaan program kemitraan masyarakat ini adalah terdapat peningkatan pemahaman para guru tentang profesinya, terutama dalam hal pemahaman penulisan/ pembuatan/ pelaksanaan PTK. Para guru sekolah dasar di MI dan SD Negeri Kutuk Undaan Kudus sangat tertarik untuk meningkatkan profesinya. Pernyataan ini didukung oleh antusiasnya para guru dalam mengikuti dan mengajukan pertanyaan selama pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, para guru mempunyai kehendak untuk melakukan penelitian dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. Di samping itu, para guru sudah dapat memahami Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 tentang Pengembangan Keprofesian Berlanjut (PKB) sebagai bekal untuk meningkatkan diri.

Full Text:

PDF

References


Babang Robandi. 2008. Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEDAGOGIK/196108141986031-BABANG_ROBANDI/Makalah_Laporan_PTK_Babang.pdf.

Basrowi. 2006. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Kediri: Jenggala Pustaka Utama.

Endang R Winarti. 2005. Usulan Penelitian Tindakan Kelas: Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Memanfaatkan Media Kartu dan Poster dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di SD Sekaran 01 Semarang. Semarang: Unnes.

Mills G. E. 2000. Action Research: Guide for the Teacher Researcher. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/196005051 986032-JUHANAINI/PENELITIAN_TINDAKAN_kELAS.pdf.

Suyono. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Lampung: FKIP Universitas Lampung.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Setjen Depdiknas


Article Metrics

Abstract view : 12 times
PDF - 4 times