KORELASI UMUR DAN JENIS KELAMIN DENGAN PENYAKIT HIPERTENSI DI EMERGENCY CENTER UNIT RUMAH SAKIT ISLAM SITI KHADIJAH PALEMBANG 2017

Aristoteles Hasan

Abstract

Abstrak

 

Menurut World Health Organization (WHO) batas normal tekanan darah adalah  120 - 140 mmHg tekanan sistolik dan 80 - 90 mmHg tekanan diastolic. Didiagnosis hipertensi bila tekanan darahnya lebih dari 140/90 mmHg. Secara umum, laki-laki memiliki prevalensi hipertensi yang lebih tinggi dibandingkan wanita.

Tujuan Penelitian ini adalah diketahuinya hubungan antara umur  dan jenis kelamin, dengan Penyakit Hipertensi di emergency center unit  Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang Tahun 2017.

Desain penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Dimana tehnik pengambilan sampel secara non probability sampling (purposive sampling), sampel dalam penelitian adalah pasien yang datang ke emergency center unit  Rumah Sakit Siti Khadijah Palembang dengan usia dari 17 tahun  sampai  ≥ 60 tahun,dan jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 30 responden.  Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2017 - Januari 2018. Analisa data dilakukan  dengan analisa univariat dan bivariat untuk analisa bivariat menggunakan uji chi square dengan tingkat kemaknaan 95% dan dengan α (0,005).

Berdasarkan analisis univariat  didapatkan sebanyak 17 responden (56,7%) dengan penyakit hipertensi, 18 responden  (60%) dengan  umur tua (30 tahun sampai ≥ 60 tahun), dan sebanyak 16 responden  (53,3%) dengan  jenis kelamin laki-laki. Berdasarkan hasil uji statistic Chi Square didapatkan p value (0,001)  yang berarti ada hubungan umur dengan penyakit Hipertensi dan didapatkan p value (0,001) yang berarti ada hubungan jenis kelamin dengan penyakit Hipertensi di emergency center unit  Rumah Sakit Siti Khadijah Palembang Tahun 2017.

Diharapkan perawat pelaksana di emergency center unit  Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kegawat daruratan

 

Kata Kunci                           : Umur, Jenis Kelamin dan Penyakit Hipertensi

Daftar Pustaka                    : 21 (2006-2017)

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.