HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN TENTANG DIET DM DENGAN KEPATUHAN DIET PASIEN DIABETES MELLITUS DI RSUD R.A KARTINI JEPARA

Yuli Setyaningrum, Sri Siska Mardiana, Dewi Susanti

Abstract

Latar belakang : Kepatuhan diet diabetes mellitus merupakan salah satu faktor untuk menstabilkan kadar gula dalam darah menjadi normal dan mencegah komplikasi. Ketidakpatuhan terhadap diet diabetes mellitus akan menyebabkan terjadinya komplikasi akut dan kronik yang pada akhirnya memperparah penyakit bahkan bisa menimbulkan kematian. pendidikan merupakan suatu usaha untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan didalam maupun diluar sekolah. Pengetahuan itu sendiri merupakan dasar untuk melakukan suatu tindakan sehingga setiap orang yang akan melakukan tindakan biasanya didahului dengan tahu, selanjutnya perilaku yang didasari oleh pengetahuan akan bersifat lebih baik dari pada perilaku yang tidak didasari oleh pengetahuan.

Tujuan : untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan tentang diet DM dengan kepatuhan diet pasien diabetes mellitus di RSUD R.A Kartini Jepara.

Metode : Penelitian ini termasuk jenis penelitian analitik korelasional dengan pendekatan waktu cross sectional. Sampel dalam penelitian ini 38 responden. Penelitian ini menggunakan uji analisa Spearmen Rho.

Hasil : Hasil analisis statistik Spearman Rho diperoleh untuk pengetahuan p value = 0.002 dan pendidikan p value = 0.038, lebih kecil dari nilai tingkat kemaknaan ɑ <0.05. Sehingga P value table kurang dari P value hitung maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Kesimpulan : Bahwa terdapat Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Pengetahuan Tentang Diet DM Dengan Kepatuhan Diet Pasien Diabetes Mellitus Di RSUD RA Kartini Jepara.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Ayu, MDK, Priyanto, Wakhid, A. (2016). Hubungan Kepatuhan Diet dengan Kadar Glukosa Darah Sewaktu pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 di Klinik Pratama Gracia Ungaran Semarang [Naskah Publikasi]. Semarang:STIKES Ngudi Waluyo Semarang.

Dinas Kesehatan Propinsi Jateng. (2011). Profil Kesehatan Propinsi Jawa Tengah. Semarang.:Dinkes Jateng.

Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara. (2013). Profil Kesehatan Kabupaten Jepara

Hendro. (2010). Pengaruh Psikososial Terhadap Pola Makan Penderita Diabetes Mellitus di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Deli Serdang Tahun 2009. Tesi FKM Universitas Sumatra Utara. Medan. Diakses pada 5 April 2015 dari http://scholar. Google.co.id.

Kamaludin, Ridwan, et al, (2009), Analisi Faktor Yang Mempengaruhi Kepathan Asupan Cairan Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Dengan Hemodialisis DI RSUD Prof. Dr. Margono SoekarjoPurwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman, Volume. 4, Nomor 1, Maret 2009.

Niven. (2008). Psikologi Kesehatan : Pengantar Untuk Perawat Dan Profesional. Jakarta : EGC

Prabowo A, Hastuti W, (2014). Hubungan Pendidikan Dan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Diet Pada Penderita Diabetes Melitus Di Wilayah Kerja Puskesmas Plosorejo Giribangun Matesih Kabupaten Karanganyar. (Online) Diakses Pada 7 Juni 2016, Pukul : 22.30

Riyanto, A., Budiman. (2013). Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta; Salemba Medika

Rusimah, (2011), Hubungan Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan Gizi dengan Kepatuhan Diet Pada Penderita Diabetes Mllitus Ddi Ruang Rawat Inap RSUD Dr. H. Moch Ansari Saleh Banjarmasin Tahun 2010, Skripsi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Borneo Banjarbaru, Banjarbaru.

Sudrisman. (2008). Hubungan Pengetahuan Diet dengan Kadar Glukosa Darah Pasien Diabetes Mellitus di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang. Penelitian Program Tinggi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.