EDUKASI GIZI IBU HAMIL DENGAN MEDIA BOOKLET TENTANG PERILAKU PENCEGAHAN BALITA STUNTING DI WILAYAH PUSKESMAS UNDAAN KABUPATEN KUDUS

Anita Dyah Listyarini, Yayuk Fatmawati

DOI: http://dx.doi.org/10.26751/jikk.v11i1.743

Abstract

Abstrak

Latar Belakang: Stunting adalah masalah kesehatan masyarakat yang berhubungan dengan meningkatnya resiko kesakitan, kematian dan hambatan pada pertumbuhan baik motorik maupun mental. Kejadian stunting merupakan suatu proses kumulatif yang terjadi sejak kehamilan, Faktor gizi ibu sebelum dan selama kehamilan merupakan penyebab tidak langsung yang memberikan konstribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin. Edukasi gizi menggunakan booklet pada ibu dapat meningkatkan pengetahuan ibu mengenai gizi yang baik.Tujuan pnelitian ini adaah untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi ibu hamil dengan media booklet terhadap perilaku pencegahan stunting di wilayah puskesmas Undaan Kudus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat Quasi eksperimen dengan menggunakan metode One Group Prestest-Postest Design. Desain penelitian yang terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberi perlakuan. Penelitian dilakukan terhadap 54 sample dengan menggunakan teknik total sampling dan dilakukan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan dari hasil analisa uji paired t test diketahui perbedaan pre test dan post test edukasi gizi menggunakan media booklet adalah  nilai p= 0,000 < α 0,05. Dengan demikian Hoditolak yang berarti ada Pengaruh edukasi gizi ibu hamil menggunakan media booklet terhadap perilaku pencegahan stunting di wilayah kerja Puskesmas Undaan Kabupaten Kudus. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh edukasi gizi ibu hamil menggunakan media booklet terhadap perilaku pencegahan balita stunting di wilayah Puskesmas Undaan Kabupaten Kudus.

Kata kunci: Stunting, media booklet, gizi ibu hamil, perilaku

 

  

Full Text:

PDF

References


Anisa P. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Stunting pada Balita Usia 25-60 bulan di Kelurahan Kalibaru Depok Tahun 2012 [SKRIPSI]. Depok: Universitas Andalas; 2012.

Aridyah.2015. Faktor –Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stunting pada Anak Balita di Wilayah Pedesaan dan Perkotaan . e-Jurnal Pustaka Kesehatan.

Atikah P, dkk,. (2009). Buku Ajar Gizi Untuk Kebidanan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Departemen Kesehatan ,RI.2002.Profil Kesehatan Indonesia.Jakarta.

Notoatmodjo,s,2007., Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta

Notoatmodjo, S. 2011. Kesehatan Masyarakat Imu dan Seni. Jakarta: PT Rineka Cipta

Nurfathiyah, Pera., 2014, Pengaruh Penggunaan Ilustrasi dan Bahasa pada Media Boklet terdhadap Peningkatan Pengetahuan di Kabupaten Muara Jambi, Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Sains, Jambi.

Pusat Data dan Informasi. Situasi Balita Pendek. Kementrian Kesehatan RI:2016

Roza, S.2012. Media Gizi Booklet. Padang. Poltekes kemenkes RI Padang

Setyawati, Vlda Ana Veria, Bambang Agus Herlambang., 2015, Model Edukasi Gizi Berbasis E-Booklet untuk Meningkatkan Pengetahuan Gizi Balita, Jurnal informatika UPGRIS, Semarang.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Surmayati, Ninuk.,2003, Pengaruh Intervensi Booklet Info Anemia Gizi dalam Pencegahan dan Penanggulangan Anemia Gizi terhadap Pengetahuan dan Sikap pada Siswi Sekolah Menengah Umum Kabupaten Demak, Tesis, Magister Ilmu Kesehaatan Masyarakat Universitas Diponegoo, Semarang.

UNISEF. (2007). Progress For Children: A World Fit for Children. New York: UNISEF Division of Communication.

Yunitasari L.2012. Perbedaan IQ Antara Anak Stunting dan Tidak Stunting Umur 7-12 tahun di Sekolah Dasar Buara KecamatanKtanggunan Kabupaten Brebes.Jurnal Kesehatan Mayarakat.

Zulaekah, Siti., 2012, Efektifitas Pendidikan Gizi dengan Media Booklet terhadap Pengetahuan Gizi Anak SD, Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang, Semarang.


Article Metrics

Abstract view : 207 times
PDF - 236 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.