HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU BALITA DENGAN PERILAKU KUNJUNGAN BALITA KE POSYANDU

nur sri atik, Rina Susanti

DOI: http://dx.doi.org/10.26751/jikk.v11i2.820

Abstract

Target cakupan penimbangan balita ke posyandu di Indonesia sebesar 85%, sementara cakupan penimbangan balita di posyandu Kabupaten Kudus masih dibawah target pemerintah yaitu sebesar 81,93%. Cakupan kunjungan ke posyandu rendah terjadi karena beberapa  faktor  salah satunya yaitu pengetahuan ibu. Pengetahuan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi terbentuknya sikap seseorang. Pengetahuan ibu sangat berpengaruh terhadap perilaku ibu untuk mengikuti kunjungan ke posyandu bersama anaknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu balita dengan perilaku kunjungan balita ke posyandu.  Metode penelitiannya adalah kuantitatif dengan desain analitik, dan pendekatan cross sectional. Teknik sampling dengan Cluster Sampling di 5 posyandu dari 8 posyandu dengan jumlah responden 99 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini pengetahuan ibu baik (74,7%) dan berperilaku baik (89,9 %). Berdasarkan uji non parametik korelasi spearman rank di dapatkan ada hubungan yang significant antara tingkat pengetahuan ibu balita dengan perilaku kunjungan balita ke posyandu dengan ƿ value 0,000 (< 0,05). Manfaat penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan ibu dalam membawa anaknya ke posyandu sehingga meningkatkan deteksi dini tumbuh kembang balita. Saran bagi ibu yang mempunyai anak balita dapat menambah informasi mengenai pentingnya posyandu, sehingga dapat memenuhi cakupan kunjungan posyandu.

Kata Kunci : Pengetahuan, Perilaku, Kunjungan Posyandu


Full Text:

PDF

References


Ariani Ayu. 2014. Aplikasi Metodologi Penelitian Kebidanan Dan Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta. Nuha Medika.

Astuti, Rivqoh. 2010. Hubungan Pengetahuan Ibu Balita Tentang Posyandu Dengan Keteraturan Ibu Mengunjungi Posyandu Di Desa Cibeber RW 14 Puskesmas Cibeber Cimahi Tahun 2010.

Departemen Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. 2016. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengan Tahun 2015. Semarang. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Departemen Kesehatan. 2016. Profil Kesehatan Daerah Kabupaten Kudus Tahun 2015. Kudus. Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus.

Fitriani, Sinta. 2011. Promosi Kesehatan. Yokyakarta : Graha Ilmu

Hidayat. 2014. Metode Penelitian Kebidanan Dan Teknik Analisis Data. Jakarta : Medika Salemba.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2016. Profil Kesehatan Indonesia 2015. Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kurniason, 2016. Teori Lawrence Green beserta Rumus & Contoh.

Laila. 2012. Hubungan Pengetahuan ibu balita dengan kepatuhan kunjungan balita ke posyandu di desa sumberejo kecamatan meranggen kabupaten demak.

Mubarak Wahit, 2011. Promosi Kesehatan Untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo. 2010. Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Jakarta : Rineka Cipta

Prasetyawati, Arista. 2012. Kesehatan Ibu Dan Anak (KIA) Dalam Millenium Developement Goals (MDGs). Yogyakarta. Nuha Medika.

Runjati. 2008. Asuhan Kebidanan Komunitas. Jakarta : EGC

Santoso, Singgih. 2012. Aplikasi SPSS Pada Statistik Non Parametik. Jakarta : Media Komputindo.

Sugihartiningsih. 2014. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Kepatuhan Mengikuti Kegiatan Posyandu Balita Di Posyandu Wijaya Kusuma Vi Desa Jombor Kabupaten Semarang. Sulistianingsih. 2011. Metodologi Penelitian Kebidanan Kuantitatif – Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.

UU RI. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.