PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP SIKAP IBU DALAM MENANGANI BALITA GIZI DI WILAYAH KERJAPUSKESMAS SUNGAI LIMAU

Mechi Silvia Dora

DOI: http://dx.doi.org/10.26751/jikk.v12i1.934

Abstract

Salah satu indikator pencapaian pembangunan kesehatan adalah status gizi anak usia bawah lima tahun (balita). Masa balita sangat rentan mengalami masalah gizi karena kurang gizi pada anak. Gizi kurang adalah suatu proses kurang makan dimana beberapa nutrisi tidak terpenuhi.UntukmengetahuiPengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Sikap Ibu Dalam Menangani Balita Gizi Kurang Di Korong Duku Nagari Pilubang Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Limau. kuantitatif eksperimen semu (quasy-eksperimen) terhadap one grouppretes dan posttes design, yaitu desain penelitian yang terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberi perlakuan. Pengambilansampel di lakukandenganteknikpurposive samplingdenganjumlahsampel 15 responden. Berdasarkan hasil penelitian yang di peroleh bahwa Sebelum diberikannya pendidikan kesehatan (Pre test), hanya sebagian kecil yang memiliki sikap positif tentang balita gizi kurang yaitu sebanyak 60.0%, Sesudah diberikannya pendidikan kesehatan (post test), (86.7%)ibu balitasudah memilikisikap positif tentang balita gizi kurang, sementara 2 orang (13,3%) masih memiliki sikap negatif, adanya pengaruh ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang balita gizi kurang terhadap sikap  ibu tentang menangani balita gizi kurang di korong duku nagari pilubang wilayah kerja puskesmas sungai limau tahun 2019. (p value = 0,046 < 0,05). Terdapat perbedaan sikap antara sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan dalam upaya menangani balita gizi kurang.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. Rineka Cipta: Jakarta

Almatsier, S. 2010. Gizi Seimbang dalam Daur Kehidupan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Azwar, S. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Cakrawati, D dan Mustika, N.H. 2012. Bahan Pangan, Gizi, dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Depkes. 2013. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS)Nasional 2013, Badan Peneliti Dan Pengembangan Depkes RI. Jakarta

Depkes. 2018. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS)Nasional 2018, Badan Peneliti Dan Pengembangan Depkes RI. Jakarta

Dinkes Kabupaten Padang Pariaman. 2019. Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2019.

Departemen Kesehatan RI, 2010. Pedoman Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak (PWS KIA). Jakarta : Departemen Kesehatan RI..

Gibney, M.J., Margetts, B.M., Kearney, J.M. dan Arab, L. (Ed). 2012. Public Health Nutrition. Dialihbahasakan oleh Hartono, A., Widyastuti, P., dan Hardiyanti, E.A. Jakarta : EGC.

Indriati R dkk. 2016. Gizi dan Kesehatan Balita: Peranan Mikro Zinc pada Pertumbuhan Balita. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Kusumaningrum, A., Natosba, J., dan Julia, E. L. 2011. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku Orang Tua Dalam Toilet Training Toddler. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya. Sumatera.

Linda Puspitasari (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dalam Upaya Menangani Balita Gizi Kurang Di Desa Mancasan Sukoharjo.

Lailiyana, Noor, N., dan Suryatni. 2015. Buku Ajar Gizi Kesehatan Reproduksi. Jakarta: EGC.

Mubarak, W.I., dan Chayatin, N. 2009. Ilmu Kesehatan Masyarakat: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Medika.

Mubarak. (2009). Pengetahaun sikap dan perilaku kesehatan masyarakat. Nuha Medika. Yogyakarta

Maharani. 2010. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Dengan Penanganan Status Gizi Balita di Posyandu Desa Gunung Tawang Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Mardiana. 2016. Hubungan Perilaku dengan Status Gizi Balita di Puskesmas Tanjung Beringin Kecamatan Hinai Kabupaten. Skripsi. Program S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara, Sumatera.

Mourbas. 2014. Ilmu Gizi Untuk Keperawatan & Gizi Kesehatan, Cetakan ke 2. Yogyakarta: Nuha Medika.

Margawati, A., dan Octaviani, I. A. 2012. Hubungan Pengetahuan dan Perilaku Marisa dan Nuryanto. 2014. Pengaruh Pendidikan Gizi Melalui Komik Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan dan Sikap Pada Siswa SDN Bendungan di Semarang. Journal of Nutrition College 3(4): 925- 932.

Masithah, T., Soekirman, dan Martianto, D. 2005. Hubungan Pola Asuh Makan dan Kesehatan dengan Status Gizi Anak Balita Di Desa Mulya Harja. Media Gizi & Keluarga 29(2): 29-39.

Nur iftika (2017).Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Status Gizi Balita Terhadap Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Ibu Dalam Memberikan Gizi Balita Di Kelompok Bermain Sendangadi, Melati Sleman Yogyakarta

Notoatmodjo, S, (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmodjo, 2010. Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta

Opara. 2013. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Puskesmas Sungai Limau. 2019. Data Balita Gizi Kurang. Kabupaten Padang Pariaman

Soekirman (2014). Ilmu Gizi dan Aplikasinya untuk Keluarga dan Masyarakat.

UNICEF, Achieving MDGs through RPJMN. Nutrition Workshop, Jakarta: Bappenas; 2016.


Article Metrics

Abstract view : 54 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus - LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umkudus.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                        

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.