VALIDASI PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SAINS DENGAN TEORI RESPON BUTIR MULTIDIMENSI

Janu Arlinwibowo, Samsul Hadi, Eric Maurteen Firdaus

Abstract

Penelitian itu bertujuan untuk melakukan re-validasi angket persepsi siswa terhadap pembelajaran IPA dalam survei PISA 2015, yang diduga multidimensi, dengan MIRT untuk melihat dimensi tes dan parameter butir. Proses analisis diharapkan dapat menghasilkan suatu kesimpulan kualitas item dan tes secara lebih presisi. Penelitian ini akan mengkaji pola respon 5870 siswa Indonesia yang mengisi 23 butir pertanyaan pilihan ganda bergradasi mulai dari 1 hingga 4. Proses penelitian dimulai dengan  analisis berbasis Principal Component Analysis (rotasi varimax), uji fit model dengan signed chi-squared test, melakukan estimasi parameter berdasar pada pembagian faktor sesuai dengan hasil PCA, dan penyimpulan hasil analisis. Angket persepsi siswa terhadap pembelajaran IPA terdiri dari 23 item yang memuat multidimensi (5 faktor). Diantaranya terdapat beberapa butir yang overlaping (butir yang mengukur lebih dari satu faktor) yaitu butir 4, 8, 10, 14, 19, 20. Berdasar pada MDISC, semua item berada pada level minimal yaitu moderate dengan arti bahwa item mampu dengan baik membedakan siswa berdasarkan kemampuannya. Berdasarkan MDIFF, semua item memiliki parameter step yang runtut mulai dari kecil hingga besar sehingga MDIFF mampu mendefinisikan kemampuan siswa secara baik.


Full Text:

PDF

References


Ahmed, Y., Taha, M. H., Alneel, S., & Gaffar, A. M. (2018). Students’ perception of the learning environment and its relation to their study year and performance in Sudan. International Journal of Medical Education, 2018(9), 145-150.

Baker, F. (2001). The basic of item response theory. USA: ERIC Clearinghouse on Assessment and Evaluation.

Ceylan, E & Abaci, S. (2013). Differences between Turkey and Finland based on Eight Latent Variables in PISA 2006. International Online Journal of Educational Sciences, 5 (1), 10-21.

Embretson, S. E., & Reise, S. P. (2000). Item response theory for psychologists. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum.

Hambleton, R. K., & Swaminathan, H. (1985). Item Response Theory: Principles and Applications. USA: Kluwer-Nijhoff Publishing.

Hasmy, A. (2014). Compare unidimensional & multidimensional Rasch model for test with multidimensional construct and items local dependence. Journal of Education and Learning, 8(3), 187-194.

Mayya, S. S. & Roff, S. (2004). Students’ perceptions of educational environment: a comparison of academic achievers and under-achievers at Kasturba Medical College, India. Educ Health. 2004 (17), 280–291.

OECD. (2018). PISA 2015 Results. PISA in Focus, OECD Publishing.

Reckase, M. D. (2009). Multidimensional Item Response Theory. NY: Springer


Article Metrics

Abstract view : 12 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.